Dari para pendahulu dan pendiri bangsa kita belajar bahwa semangat persatuan adalah kunci bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Semangat persatuan itu pulalah yang mengantarkan bangsa Indonesia hari ini bisa hidup dalam penuh kenyamanan dan kebebasan, dan sebagai penerus perjuangan para pendahulu bangsa, kita terutama sebagai insan intelektual perlu meneruskan semangat itu.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis turut serta berperan dalam menjaga dan meningkatkan semangat persatuan itu bahkan melalui hal-hal kecil. Dalam menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 yang mengusung tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", Fakultas Ekonomi dan Bisnis ikut serta dalam meningkatkan semangat persatuan dengan melakukan kegiatan yang meningkatkan persatuan di antara civitas akademika di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pertama sekali, kegiatan dimulai dengan sarapan bersama dan dilanjutkan dengan berfoto mengenakan baju daerah masing-masing. Kegiatan ini dilanjutkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh para dosen, tenaga kependidikan, karyawan, dan mahasiswa. Pada akhirnya, kegiatan bertujuan untuk memberi rasa persatuan dan menjaga rasa saling menghargai keberagaman di antara kita.

Turut serta dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Hj. Alvi Furwanti Alwie, SE., MM, Wakil-wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Prodi, Dosen-dosen, Tenaga Kependidikan, serta seluruh pegawai di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.